15 January 2010 eLL

INTERNET : KEAJAIBAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI & INFORMASI

Dulu teknologi komunikasi&informasi berawal dari percakapan mulut ke mulut, kemudian berkembang melalui surat menyurat (yang cukup memakan waktu dalam penyampaiannya), hingga ditemukannya teknologi radio (walau hanya merupakan komunikasi audio satu arah) dan teknologi telepon yang memungkinkan pelaku komunikasi berinteraksi lewat suara tanpa harus bertatap muka. Keajaiban televisi kemudian datang melengkapi perkembangan teknologi komunikasi&informasi melalui kemampuan audio visualnya walau hanya satu arah. Keajaiban  tidak berhenti sampai di situ saja, di tahun 1969, cikal bakal internet ditemukan.

Berawal dari ARPANET, Amerika Serikat berusaha menghubungkan para perisetnya melalui suatu jaringan eksperimen berbasis paket data. Di awal 1980-an, ARPANET pecah menjadi dua. Tahun 1986 lahir NSFNet yang menghubungkan seluruh periset di seluruh negeri dengan 5 pusat super computer. NSFNet menggeser fungsi ARPANET hingga akhirnya ARPANET dibubarkan dan NSFNet berkembang menjadi penghubung antar jaringan internet akademik di 5 universitas besar&bertambah dengan bergabungnya beberapa jaringan internasional yang terdiri dari berbagai Negara. Aktivitas yang terjadi di dalamnya pun lama kelamaan tak hanya terdiri dari akademik saja. Komputer- komputer dalam internet terhubung dengan protocol TCP (Transmision Control Protocol) atau lebih sering disebut IP (Internet Protocol) dengan 3 fasilitas utama ; electronic mail yang memungkinkan seseorang untuk membuat dan mengirimkan pesan tertulis kepada seorang atau sekelompok orang lain yang juga terdaftar di internet; remote login yang memungkinkan seorang untuk  mengakses program/aplikasi di komputer lain yang memakai protocol yang sama ;file transfer yang memungkinkan terjadinya pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain baik berupa dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang terekam digitally (seperti Gopher, Archie, WAIS, dsb.).

Hingga kini pada perkembangannya, tak hanya internet yang mengalami perubahan tapi semua hal yang terkait di dalamnya juga mengalami perubahan ; pengguna internet yang mulanya hanya terdiri dari para periset kini berubah menjadi siapa saja ; provider/penyedia jasa internet juga makin meningkat jumlahnya; makin banyak organisasi/ komunitas yang terbentuk lewat internet; maraknya Carding (pembelian melalui kartu kredit); munculnya hacker&cracker yang mengganggu kenyamanan user lain yang memakai jasa internet ; dan akhirnya munculnya regulasi untuk internet untuk membatasi ketidaknyamanan yang ditimbulkan para penjahat internet. Banyak sector sangat terbantu dengan adanya internet, kemudahan yang diberikannya dalam memberikan informasi tentang apapun benar-benar membuat saya pribadi merasa sangat takjub membayangkan bagaimana setumpuk informasi bisa saya dapatkan dengan waktu yang demikian singkat dengan hanya duduk di depan monitor, browsing di internet. Juga bagaimana saya dapat melakukan jual beli dengan seseorang yang bahkan belum pernah saya temui, berbagi dengan orang-orang dengan hobby yang sama (saling bertukar item di game), melakukan aktivitas yang kami sukai bersama. Sungguh keajaiban dalam teknologi komunikasi&informasi yang bahkan dapat menyatukan siapapun tanpa peduli apa suku, ras, negara, dan perbedaan – perbedaan yang menempel pada tiap usernya..=)

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

January 2010
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts