15 January 2010 eLL

SAYA, HP & KONVERGENSI

Merupakan perpaduan antara lebih dari satu fungsi yang terdapat pada satu benda. Sedangkan pada konvergensi teknologi komunikasi, biasanya merupakan  perpaduan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informasi yang terdapat pada satu media. Contoh termudahnya adalah handphone (HP).

Handphone merupakan sarana komunikasi praktis yang dapat dibawa ke mana saja sehingga memungkinkan adanya komunikasi di mana pun pemilik handphone berada. Pada awalnya HP hanya digunakan untuk telepon dan SMS, seiring perkembangannya fungsi komunikasi HP kemudian dipadukan dengan berbagai fitur yang semakin menunjang fungsi komunikasi pada HP itu sendiri. Radio, kamera, video player dan internet adalah fitur-fitur yang ditanamkan pada HP masa kini. Dalam perkembangannya, fungsi dari fitur-fitur tersebut saling melengkapi.

Kamera yang fungsi dasarnya adalah untuk mengambil gambar, dengan adanya internet fungsi kamera pada HP semakin maksimal untuk melakukan panggilan video atau yang akrab disebut video call yang menggunakan jaringan 3G. selain itu, fugsi video player yang tertanam pada HP juga semakin maksimal dengan adanya internet. Dengan teknologi live streaming video yang menggunakan koneksi internet. Video streaming ini dapat memberikan informasi untuk para pengguna HP yang memiliki fasilitas ini. Dari sini mereka bisa melihat tayangan televisi yang dapat memenuhi rasa haus mereka akan berita yang sedang terjadi di masyarakat pada umumnya.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa konvergensi teknologi komunikasi dan teknologi informasi telah memberi banyak manfaat bagi para pengguna teknologi itu sendiri. Selain penyampaian informasi yang menjadi semakin cepat, komunikasi juga menjadi semakin lancar dengan adanya penggabungan kedua unsur teknologi tersebut. Seperti saya dan HP saya..=)

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

January 2010
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts